2. Fungsi Darah

Darah mempunyai dua fungsi utama, yaitu sebagai media pengangkut beragam substansi dari satu bagian tubuh ke bagian tubuh yang lain dan sebagai alat pertahanan tubuh terhadap serangan organism pathogen.

Darah sebagai alat pertahanan tubuh mempunyai tiga fungsi, yaitu fagositosis, produksi antibodi, dan pembekuan darah.
a. Fagositosis
Proses penelanan dan percernaan partikel asing oleh sel darah putih disebut fagositosis. Dalam perlawanan dengan partikel asing, beberapa sel fagosit mati dan partikel asing yang mati akan membentuk nanah.


b. Produksi antibodi
Saat kuman penyakit masuk ke dalam aliran darah, kuman-kuman tersebut boleh jadi memproduksi bahan beracun (toksin). Toksin akan merangsang darah untuk membentuk antibodi. Antibodi berperan sebagai antitoksin untuk menetralisir efek racun dari toksin. Antibodi juga membunuh bakteri di dalam darah.

c. Pembekuan darah
Bagaimana proses pembekuan darah pada luka di tubuhmu? Trombosit yang pecah saat menyentuh permukaan luka yang kasar akan mengeluarkan enzim trombokinase. Enzim trombokinase menyebabkan perubahan protombin menjadi thrombin. Perubahan tersebut dipercepat oleh ion kalsium. Selanjutnya, thrombin mengubah fibrinogen menjadi benang-benang.
Mekanisme pembekuan darah

Klik link dibawah ini untuk ke halaman materi selanjutnya: