Perbedaan Arteri, Vena dan Kapiler



      Daftar Perbedaan Arteri, Vena dan Kapiler

Sifat
Arteri (Nadi)
Vena
Kapiler
Dinding
Tebal, elastic
Tipis dan kurang elastic
Tipis dan permeable
Arah Aliran
Meninggalkan jantung
Menuju ke jantung
Berawal dari arteriol
Tekanan
Kuat, kalau terpotong darah memancar
Lemah, kalau terpotong darah menetes
Peralihan antara sistem tekanan tinggi dan system tekanan darah
Darah
Banyak mengandung O2, kecuali nadi paru-paru
Banyak mengandung CO2, kecuali vena paru-paru
Banyak mengandung O2
Letak
Lebih ke dalam
Dekat permukaan tubuh
Antara arteri dan vena
Klep
Hanya satu pada pangkal nadi
Banyak di sepanjang pembuluh
Tidak memiliki

1. Pembuluh Nadi (arteri)
Pembuluh nadi memiliki lapisan elastis yang tebal,menjadikan pembuluh darah tersebut kuat dan elastis. Pembuluh nadi besar bercabang-cabang menjadi pembuluh nadi yang lebih kecil, kemudian bercabang-cabang lagi sampai mencapai pembuluh nadi paling kecil, disebut arteriol. Aliran darah dalam arteri berarah menjauhi jantung. Aliran darah dipengaruhi oleh kekuatan kontraksi otot jantung.


2. Pembuluh Balik (vena)
Tidak seperti pembuluh nadi, lapisan elastic pada vena lebih tipis dari arteri, sehingga pembuluh balik ini tidak sekuat dan selentur pembuluh nadi. Pembuluh balik besar bercang-cabang menjadi pembuluh balik yang lebih kecil, kemudian bercabang-cabang lagi sampai mencapai pembuluh balik paling kecil, disebut venula. Dari dinding bagian dalam pembuluh balik muncul katup yang menahan aliran balik darah. Aliran darah vena berarah mendekati jantung. Gerakan darah dalam vena sangat dipengaruhi oleh kontraksi otot rangka.

3. Kapiler

Kapiler adalah pembuluh darah terkecil dengan diameter kira-kira sebesar sel darah merah yang berukuran 7,5 mikron. Jumlah pembuluh kapiler pada manusia sangat banyak, secara telah dihitung panjang total kapiler manusia adalah 90.000 km, suatu jumlah yang sangat besar untuk pertukaran bahan-bahan antara darah dengan jaringan. Darah mengalir ke organ-organ tubuh secara terus menerus sesuai dengan kebutuhan tubuh.





Klik link dibawah ini untuk ke halaman materi selanjutnya:
>>Jalur Peredaran Darah